Senin, 12 September 2011

sapPENGANTARILMUKOMUNIKASI

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Fakultas/ Jurusan : Ilmu Sosial dan Politik/ Komunikasi UNAS

Kelompok, Kode Mata Kuliah : MKK, IK 13201

Mata Kuliah : Pengantar Ilmu Komunikasi

Semester, SKS : I (Ganjil), 3 SKS

Dosen : Adi Prakosa M.Si.

Perte-muan Ke

Tujuan Instruksional Khusus

Pokok Bahasan

Materi

Sumber

1

Mahasiswa mengerti tujuan perkuliahan dan indikator penilaian

Pengantar kuliah

Menginformasikan satuan acara perkuliahan dalam satu semester. Memberikan penjelasan tentang komponen-komponen penilaian. Mengembangkan motivasi belajar mahasiswa/wi.

Sistem Pendidik-an UNAS

2

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian komunikasi, serta unsur-unsurnya

Pengertian Komunikasi

Membahas pengertian komunikasi, unsur-unsur, dan ragamnya.

Deddy (2005); Wiryanto (2004); Onong (1994); Littlejohn (1999)

3

Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi komunikasi terhadap individu, dan masyarakat.

Fungsi komunikasi

Membahas fungsi komunikasi untuk individu dan masyarakat.

Deddy (2005); Wiryanto (2004); Onong (1994); Littlejohn (1999); Nurudin (2004).

4

Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah komunikasi sebagai ilmu pengetahuan.

Komunikasi sebagai ilmu pengetahuan

Membahas bagaimana komunikasi menjadi ilmu pengetahuan yang multi disiplin.

Arifin (2002); Griffin (2003); Effendy (1994); Fisher (1986)

5

Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup komunikasi

Ruang Lingkup komunikasi

Membahas ruang lingkup komunikasi: Humas, Periklanan, dan jurnalistik.

Onong (1994); Kottler (1997); Johnson (1999); Sharpe (1988).

6

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian model komunikasi serta ragamnya.

Model-model komunikasi

Membahas model-model komunikasi, dan fungsi model komunikasi.

Wiryanto (2004); Deddy (2005).

7

Mahasiswa mampu menganalisa realitas komunikasi yang terjadi, dan mendiskusi-kannya.

Diskusi/tugas

Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 7.

8

Mahasiswa mampu menjelaskan pesan verbal dan menyebutkan contoh-contohnya.

Pesan verbal

Membahas pesan verbal, bahasa. Fungsi bahasa, dan keterbatasan bahasa sebagai pesan verbal.

Deddy (2005); Jalaludin (1984)

9

Mahasiswa mampu menjelaskan pesan nonverbal, dan ragamnya.

Pesan non-verbal

Membahas pesan nonverbal, ragamnya, dan fungsi pesan nonverbal dalam proses penyampaian pesan.

Deddy (2005); Jalaluddin (1984)

10

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian komunikai antarpribadi dan faktor-faktor yang mempengaruhi.

Komunikasi antar pribadi

Membahas pengertian komunikasi antarpribadi, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi antarpribadi.

Wiryanto 2004); Jalaluddin (1984)

11

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian komunikasi kelompok, dan karakteristiknya.

Komunikasi kelompok

Membahas pengertian komunikasi kelompok, karakteristik komunikasi kelompok, dan pengaruh kelompok terhadap perilaku komunikasi anggotanya.

Wiryanto (2004); Jalaluddin (1984)

12

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian komunikasi organisasi, dan dimensi-dimensinya.

Komunikasi organisasional

Membahas pengertian komunikasi organisasi, dimensi-dimensinya, dan peran pemimpin dalam komunikasi organisasi.

Wiryanto (2004); Onong (1994)

13

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian komunikasi massa, karakteristik, dan unsur-unsurnya.

Komunikasi Massa

Membahas pengertiaan komunikasi massa, unsur-unsur, dan karakterik komunikasi massa.

Wiryanto (2004); Onong (1994); Nurudin (2004).

14

Mahasiswa mampu menganalisa realitas komunikasi yang terjadi, dan mendiskusi-kannya.

Tugas/diskusi

Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester kedua. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 14.

Daftar Pustaka:

Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Wiryanto, 2004, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, Grasindo.

Arifin, Anwar, 1984, Strategi Komunikasi; Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung, Armico.

Rakhmat, Jalaludin, 1994, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Nurudin, 2004, Sistem Komunikasi Indonesia, Malang, Cespur

Littlejohn, Stephen W.,1999, Theories of Human Communication ed.6rd, California, Wadsworth.

Kusumaningrat, Hikmat dan Kusumaningrat, Purnama, 2006, Jurnalistik: Teori dan Praktek, Jakarta: Gramedia

Lee, Monle & Johnson, Carla, 1999, Principles of Advertising: A Global Perspective, The Haworth Press.

Kotler, Phlip, 1997, Marketing Management ed. 9th, perj. Hendra teguh dan Rony Rusli, Jakarta: PT Prenhallindo.

Black, Sam & Sharpe, Melvin L., 1988, Ilmu Hubungan Masyarakat Praktis penerj. Ardaneshwari, Jakarta: PT Intermasa.

Arifin, Anwar, 2002, Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas, Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Griffin, Em,2003, A First Look at Communication Theory, McGraw Hill

Effendy, Onong, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fisher, Aubrey, 1986, Teori-teori Komunikasi (penyunting: Jalaludin Rakmat), Bandung: Remaja Karya.