Selasa, 01 April 2008

PENGELOMPOKAN PROPAGANDA (p&op 3)

Menurut Sifat:

  1. White propaganda, merupakan propaganda yang secara jujur, benar, sportif menyampaikan isi (content) pesan, serta sumbernya jelas.
  2. Black propaganda, merupakan propaganda yang secara licik, palsu, tidak jujur dan menuduh sumber lain melakukan kegiatan terebut.
  3. Grey propaganda, merupakan propaganda yang sumber kurang jelas- tujuannya samar-samar, sehingga menimbulakan keraguan.
  4. Ratio propaganda, dengan tujuan rasional.

Menurut Sumber:

  1. Concealed, sumber tertutup.
  2. Revealed, sumber jelas – terbuka.
  3. Deleyed revealed, sumber lambat laun terbuka – jelas.

Menurut Sistem:

  1. Menggunakan simbol-simbol, Symbolic interaction. Propaganda jenis ini menggunakan lambing-lambang komunikasi yang penuh arti, yaitu:
    1. bahasa (lisan dan atau tulis;
    2. gambar-gambar;
    3. isyarat-isyarat

yang telah dirumuskan sedemikian rupa sehingga dapat merangsang kiwa komunikan untuk menerima pesan dan kemudian memberikan reaksi seperti yang diharapkan oleh komunikator.

  1. Menggunakan perbuatan nyata, propaganda of the deed. Propaganda jenis ini menggunakan tindakan nyata untuk memaksa komunikan menerima pesan dan melakukan tindakan seperti apa yang diharapkan oleh komunikator.

Menurut Metoda Perubahan Sikap:

  1. Coercive, propaganda dengan metoda ini hampir mirip dengan propaganda of the deed. Namun begitu dalam coercive (bersifat sanksional) ini masih menggunakan lambang-lambang komunikasi yang menimbulkan ketegangan jiwa (takut, seram, jijik). Komunikan yang menerima pesan secara coercive, akan melakukan sesuatu sebagai akabat rasa takut, rasa ngeri. Perasaan ini timbul karena ada sanksi-sanksi tertentu yang ditakutinya meelalui pesan yang diterimanya. Misal: rasa takut kehilangan pekerjaan atau nafkah, takut terlantar, dikucilkan, sengsara, dll.
  2. Persuasive, propaganda jenis ini adalah dengan metoda penyampaian pesan-pesan yang menimbulkan rasa senang, tertarik, rela, dan spontan melakukan sesuatu.

Menurut Wilayah:

  1. Regional
  2. Nasional
  3. Internasional.

Menurut Jenis Kegiatan:

  1. Propaganda Dagang

a. Iklan

b. Peragaan/display

c. Pawai

d. Pameran

  1. Propaganda Politik
    1. Penyebaran dokrin
    2. Penyebaran keyakinan politik tertentu.
  2. Propaganda Perang
    1. Warmongering atau propaganda yang menghembus-hembuskan perang
    2. Defamatory atau propaganda yang merusak nama baik kepala negara/pemerintah.
    3. Subversive yaitu propaganda yang merusak suatu negara dari dalam agar negara tersebut hancur.
    4. Psy-war atau psychological warfare atau perang urat syaraf. Sering juga disebut sykewar.
  3. Propaganda budaya
    1. Pameran seni dan budaya
    2. Pementasa seni/tari.
    3. Pertukaran misi-misi kebudayaan
    4. Ilmu pengetahuan.
  4. Propaganda Agama
    1. Khotbah
    2. Ceramah agama
    3. Pertemuan agama
    4. Pementasan drama bernafaskan agama

Tidak ada komentar: